11 Okt 2015

Belajar "Believe" Sama Panda

"The secret to be special is you have to believe you're special"

Untuk menjadi spesial kita sebenarnya tidak perlu memiliki segalanya apalagi menjadi orang lain. Kita cukup menjadi diri sendiri dan percaya bahwasanya setiap orang punya keunikan tersendiri yang membuatnya spesial. Meskipun terkadang kita merasa tidak mempunyai sesuatu yang bisa dibanggakan, minder atau kurang percaya diri, kita harus yakin setiap manusia pasti memiliki kelebihan yang akan membuatnya spesial.

Sama seperti halnya Po, si Panda gendut yang kaget ketika secara tidak sengaja di nobatkan oleh Master Oogway menjadi seorang Pendekar Naga. Po yang merupakan anak pedagang mie memang sangat menyukai Kung Fu, tapi Po tidak pernah bermimpi menjadi seorang pendekar Kung Fu apalagi menjadi Pendekar Naga. Tentu saja Po merasa itu semua hanya lelucon. Sangat mustahil bagi Po untuk menjadi Pendekar Naga apalagi nantinya akan bertarung melawan Tai Lung, mantan murid Master Oogway yang jahat.


Hal itu pun diaminkan oleh Master Shifu, pelatih Po. Ia merasa melatih Po hanya kesia-siaan saja. Po sangat kikuk, apalagi dengan tubuhnya yang gendut sangat susah melatih Po untuk melakukan gerakan-gerakan Kung Fu. Master Shifu merasa tidak ada yang bisa dibanggakan dari Po yang membuatnya pantas menjadi Pendekar Naga. Tapi Master Oogway mengatakan "You have to believe, just believe". Hanya kepercayaan yang membuat semua yang tidak mungkin menjadi mungkin. Hal itu juga yang ingin disampaikan Master Oogway pada Master Shifu untuk tetap bersabar melatih Po dengan bekal kepercayaan bahwasanya Po bisa menjadi Pendekar Naga sebagaimana yang diharapkannya.

Sepeninggalan Master Oogway, Master Shifu terus berusaha melatih Po. Sampai akhirnya ia memberitahukan Po tentang Gulungan Kitab yang katanya hanya bisa dibuka oleh Pendekar Naga. Menurut Master Shifu Kitab tersebut juga akan menjadi sumber kekuatan Po nantinya untuk mengalahkan Tai Lung yang juga ingin merebut Gulungan Kitab itu. Tapi setelah Po membukanya Po tidak menemukan apa-apa. Hanya menemukan pantulan wajahnya yang membuat Po bersedih dan merasa bukan dialah Pendekar Naga yang sesungguhnya.

Ketika pulang kerumah Po menemukan warung mie ayahnya begitu ramai oleh pengunjung. Ayah Po selalu bilang kalau dia punya resep rahasia untuk mie nya. Namun saat itu tiba-tiba Ayahnya berkata kalau selama ini sebenarnya tidak ada resep istimewa dari mie yang dijual olehnya. "There is no secret ingredients, The secret is in you", kata Ayah Po untuk meyakinkan Po bahwa tidak ada resep rahasia pada mie ayahnya. Po awalnya tidak percaya bagaimana bisa warung mie ayahnya yang selalu ramai ternyata tidak punya resep spesial. "The secret to be special is you have to believe you're special", Ayah Po menjelaskan bahwasanya kita hanya perlu percaya sesuatu itu spesial untuk membuatnya spesial. Wejangan dari Ayahnya inilah yang membuat Po tersadar bahwasanya ia mampu menjadi Pendekar Naga.

Semangat Po akhirnya timbul, dengan berbekal kepercayaan pada dirinya, Po bisa menjadi Pendekar Naga yang hebat. Badannya yang gendut, tingkahnya lucu dan terkadang kikuk tidak lagi menjadi penghalang Po untuk melakukan gerakan Kung Fu dan mengalahkan Tai Lung. Ditambah lagi dengan kerendahan hati yang ada dalam diri Po membuat Master Shifu semakin yakin, bahwa ternyata Po memang sangat pantas menjadi Pendekar Naga.

Film Kung Fu panda ini merupakan film yang cukup berkesan bagi saya. Film yang banyak memberikan pemahaman tentang kehidupan namun dikemas dengan lucu dan menarik. Tingkah laku Po juga sangat mengemaskan membuat saya tidak pernah bosan walaupun menontonnya berkali-kali.

Dalam hidup kita memang harus selalu optimis kalau ingin berhasiil. Kepercayaan dan keyakinan yang ada dalam diri akan memberikan energi positif sehingga mendorong kita untuk bisa melakukan sesuatu walaupun pada awalnya kita merasa tidak sanggup ataupun merasa tidak pantas.


7 komentar:

  1. Aku plg suka sama animasinya, kliatan pnuh warna bgt penggambarannya

    BalasHapus
  2. suka banget nnton Film Kung Fu panda

    BalasHapus
  3. Saya juga suka nonton film ini Mak ^_^

    BalasHapus
  4. film kesukaan anak-anak ini mah :)

    BalasHapus
  5. ah iya, banyak kata2 filosofis di kungfu panda ya.
    Ga pernah bosen nontonnya :)

    BalasHapus
  6. aku beberapa kali nonton ini lewat dvd or tv mbak, makasih ya atas partisipasinya

    BalasHapus