6 Sep 2015

Cara Mudah dan Hemat Mencegah Kanker

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan mengikuti penyuluhan tentang Kanker dalam kegiatan rutin dharmawanita di Kantor. Sebenarnya saya termasuk yang paling cuek soal kesehatan, makan tidak teratur gizi pun tidak seimbang, apalagi jarang olahraga. Ketika mengikuti acara penyuluhan yang diadakan oleh Yayasan Praktisi Kesehatan Indonesia waktu itu saya kembali diingatkan betapa berharga dan pentingnya menjaga kesehatan.

Mengerikan memang ketika mengetahui bahwasanya setiap kita sebenarnya memiliki sel kanker didalam tubuh. Hanya saja  jumlahnya yang masih normal tidak akan terdeteksi saat dilakukan pemeriksaan. Selain itu imunitas yang tinggi  akan selalu memerangi sel kanker secara terus menerus sehingga jumlahnya tidak melebihi batas kewajaran. Hal ini yang membuat kita terkadang merasa sehat-sehat saja, padahal sel kanker bisa saja sewaktu-waktu berkembang biak jika kita tidak serius menjaga kesehatan.

Selain faktor genetik, pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat dapat memancing sel kanker berkembang biak didalam tubuh kita. Banyaknya zat carsinogen dalam makanan yang kita konsumsi juga bisa saja  menjadi pemicu sel-sel kanker tersebut tumbuh subur. Apalagi ditambah dengan cara penyajian makanan yang salah seperti makanan yang sering dipanaskan berulang kali.

Pertanyaanya lalu apakah setiap orang beresiko terkena kanker? Tentu tidak asalkan kita bisa menghindari segala hal yang dapat memicu kanker tersebut serta melakukan berbagai pencegahan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker seperti menjaga pola makan, menerapkan gaya hidup yang sehat serta rajin berolahraga. Disamping itu pencegahan juga bisa  dilakukan dengan Immunotherapy yaitu pengobatan dengan cara peningkatan sistem imun. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan vaksin anti kanker. Vaksin ini biasanya diberikan 3x pada bulan pertama, kedua dan keenam. Untuk biaya vaksin ini cukup mahal sekitar 5 jutaan satu kali suntik. Mahal yaaa??

Hmm jangan khawatir, immunotheraphy juga bisa kok dilakukan dengan cara alami, yaitu dengan cara mengkonsumsi buah dan tumbuhan pencegah kanker. Dengan cara ini tentunya lebih hemat dan gampang yaa? Khasiatnya pun tidak jauh beda dengan vaksin asalkan dikonsumsi secara teratur, diantaranya :

1. Buah dan daun sirsak

Buah Sirsak dipercaya mengandung senyawa fitokimia yang bernama Annonaceous acetogenins. Senyawa fitokimia ini ternyata baik sekali untuk menangkal berbagai virus yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker.
Ayokesehatan.blogspot.com

Untuk pecegahan buah sirsak bisa dijus dengan takaran satu gelas. Sebaiknya jangan dicampur dengan apapun. Ini dilakukan setiap hari selama 15 bulan dan diulang kembali setelah lima tahun kemudian.

Sedangkan untuk daun sirsak, berdasarkan penelitian, daun sirsak mengandung zat proaktif yang mampu membunuh sel kanker. Zat proaktif didalam daun sirsak juga mampu melihat sel mana yang harus dibunuh dan sel mana yang harus tetap hidup. Karena itulah, daun sirsak ini dipercaya memiliki keampuhan hingga 100 kali lipat dibandingkan pengobatan kanker melalui kemoterapi.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun sirsak bisa dengan cara mengambil 5-7 lembar daun sirsak yang agak tua lalu rebus dan diminum dengan takaran satu gelas. Ini juga diminum setiap hari selama 15 bulan dan diulang kembali setelah 5 tahun kemudian.

2. Bawang Putih Tunggal

Bawang putih telah terbukti mengandung selenium yang merupakan antioksidan handal untuk mengatasi radikal bebas karsinogenik.Selain itu asam amino bersulfur pada bawang putih mampu mengacaukan sel kanker sehingga reproduksinya terhambat. 
sharingdisini.com

Untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih caranya ditumbuk sampai halus, lalu telan dengan air hangat (Tidak dilarutkan). Dosisnya satu kali satu butir setiap hari selama satu tahun dan diulang kembali 5 tahun kemudian

3. Mengkudu

Penelitian telah menyatakan adanya senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu yang baik untuk mencegah kerusakan DNA dan kanker.
Kuherbal.com

Mengkudu dapat di jus dengan takaran satu gelas. Dosisnya satu kali sehari selama 9 bulan dan dapat diulang kembali setelah 5 tahun kemudian.

4. Temu putih

Kandungan zedoarin, kurdiona dan kurkumol yang ada pada temu putih dapat bertindak sebagai anti-neoplastik terhadap sel kanker dan jaringan. Selain itu, anti-oksidan yang berasal dari imunomodulator dari temu putih merupakan zat yang dapat meningkatkan jumlah limfosit, meningkatkan toksisitas sel pembunuh kanker dan sintesis antibodi.
Temuputih.com

Biasanya temu putih yang digunakan adalah yang berusia 2 tahun. Caranya parut umbi temu putih lalu keringkan tanpa sinar matahari. Setelah itu ambil satu sendok teh temu putih yang sudah dikeringkan kemudian seduh dengan air panas.  Dosisnya 1 x sehari selama 6 bulan dan dapat dilakukan 5 tahun kemudian.

Dengan melakukan pencegahan tersebut telah terbukti membuat seseorang terhindar dari penyakit kanker selama 5 tahun. Mencegah memang lebih baik dari pada mengobati, karena kita sering tersadar betapa berharganya kesehatan setelah merasakan sakit.

12 komentar:

  1. Aku baru tau sirsak ini manfaatnya buanyakk y

    BalasHapus
  2. diantara list yang ada diatas aku paling suka buah sirsak mak hehehe... Enak sih :DD

    BalasHapus
  3. Bunda....
    Kalau juz sirsak dikasih campuran gula gimana?
    Nice writing..... muty mau amalkann ilmunya in syaa Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya di kasih madu kalau mau nambah muty..soalnya kalau buah kan udh ada rasa manis manisnya..kayak kamu hihi

      Hapus
  4. Aku juga bosen minum obat2an termasuk vitamin.

    Sekarang beralih ke herbal, minum madu pahit tiap hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih nyaman ya mba..gak perlu cemas sm efek samping...

      Hapus
  5. Kalau ngomongin kanker memang ngeri ya mba.

    Sirsak dan bawang putih saya juga sering makan, dan memang bagus banget.

    BalasHapus
  6. Intinya harus meningkatkan imunitas tubuh ya untuk mencegah kanker..

    BalasHapus