10 Jul 2015

Pareidolia diatas Sajadah

Beberapa hari yang lalu  pemberitaan mengenai sajadah bergambar binatang dan bergambar hal yang berkaitan dengan komunitas illuminati menghiasi dinding facebook saya. Dalam pemberitaan tersebut disebutkan banyaknya sajadah yang memikiki corak yang aneh seperti sengaja mempengaruhi alam bawah sadar kita, dan parahnya tanpa kita sadari ternyata sajadah tersebut banyak dipakai dimushala atau di mesjid-mesjid.


 Saya mencoba mengingat-ingat kembali bahwasanya dulu saya juga pernah shalat dengan sajadah yang memiliki corak mirip suatu bentuk tertentu. Dimana dan bagaimana persis coraknya saya lupa, namun hal itu saya yakini pernah terjadi beberapa kali. Jujur sih shalat dengan sajadah bercorak agak mengurangi kekhusyukan, meskipun hanya gambar bunga atau dedaunan tanpa kita sadari pikiran kita bisa saja tertuju pada gambar tersebut "ini bunga apa?", "wah daunnya kok cuma dua"? :)

Menanggapi sajadah yang katanya  sengaja dibikin oleh kaki tangan komunitas illuminati menurut saya ada dua kemungkinan. Pertama, bisa saja itu memang demikian adanya karena katanya komunitas ini suka mempengaruhi pikiran manusia dengan cara yang tanpa kita sadari. Kedua, bisa jadi juga hal tersebut merupakan fenomena Pareidolia.

Apa itu Pareidolia?

Menurut wikipedia Pareidolia (pengucapan bahasa Inggris: [pærɪˈdoʊliə] pa-ri-doe-lee-ə) ) adalah sebuah fenomena psikologis yang melibatkan stimulus samar-samar dan acak (seringkali sebuah gambar atau suara) yang dianggap penting. Contoh umum termasuk melihat gambar binatang atau wajah-wajah di awan, pria di bulan atau kelinci Bulan, dan pendengaran pesan tersembunyi di rekaman yang dimainkan secara terbalik.

Sederhananya Pareidolia adalah suatu fenomena psikologis dimana otak mempersepsikan apa yang sedang kita saksikan dengan apa yang pernah kita lihat / alami sebelumnya. Contohnya kita melihat bekas iler di bantal seperti gambar pulau sumatera. Kita melihat awan seperti kelinci. Kita melihat dinding yang basah membentuk pola seperti wajah manusia. Dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Saya pribadi sering sekali mengalami Pareidolia ini, melihat suatu benda seolah-olah membentuk suatu bentuk benda yang lainnya. Kembali ke sajadah tadi, setelah saya perhatikan ternyata setiap sajadah yang becorak bisa saja coraknya dijadikan bentuk sesuatu tergantung bagaimana imajinasi kita. Pertanyaanya apakah setiap sajadah yang bercorak merupakan buatan kaum illuminati tersebut? Wallahualam.

Nah menurut saya solusinya  memang lebih aman jika sholat dengan sajadah yang polos saja agar lebih khusyuk dan terjaga dari imajinasi-imajinasi yang timbul  dari apa yang kita lihat.

2 komentar:

  1. Iya, memang kadang ada yang fenonema alam menyerupai bentuk, atau suatu kebetulan atau memang ada unsur kesengajaan...wallahu'alam

    BalasHapus
  2. Ah, iya... liat noda di tembok aja saya sering merasa nodanya mirip wajah menyeramkan, sampai akhirnya ketakutan sendiri :D ternyata ada penjelasan ilmiahnya toh...

    BalasHapus