29 Jul 2015

DIY : Aquascape Mini untuk Si Kecil

Apa itu aquascape?
Aquascape sebenarnya hampir sama dengan aquarium. Hanya saja jika aquarium lebih fokus kepada ikan-ikan sedangkan aquascape lebih fokus kepada ekosistemnya. Pastinya kita sering melihat aquarium dengan ikan-ikan yang mahal namun dekorasi yang digunakan biasanya seadanya saja. Sedangkan aquascape lebih menekankan pada seni menghias ekosistemnya, dan ikan yang digunakan biasanya ikan kecil-kecil dan bisa dikatakan sebagai pelengkap saja.
contoh aquascape.
Sudah pahamkan apa itu aquscape.? Ternyata aquascape bisa dibikin dari barang-barang bekas lho. Seperti waktu lalu suami saya yang kebetulan lagi hobi-hobinya bikin aquascape bermaksud ingin membuatkan aquscape berukuran mini buat anak kami dari bekas penampungan air dispenser. Bagaimana caranya ??


Bahan-Bahan

1. Tempat.
Untuk tempat kita bisa menggunakan apa saja asalkan transparan, kuat menampuang air dan untuk ukuran terserah saja tergantung kreasi masing-masing.
dispenser rusak

2. Ikan
Untuk aquascape ikan yang digunakan biasanya ikan-ikam berukuran kecil.

3. Lampu LED

4. Batu-batuan.

5. Pasir
6. Tumbuh-tumbuhan
Tumbuh-tumbuhan yang digunakan adalah tumbuhan yang bisa hidup didalam air seperti lumut. Untuk mendapatkannya bisa dibeli atau kalau mau boleh cari disungai hehe.
7. Dan hiasan lainnya (tergantung kreasi)

Cara membuat :
1. Bersihkan tempat yang akan digunakan. Pastikan tidak bocor jika diisi air.
2. Pasang lampu LED dibagian atas
3. Masukkan pasir dan ratakan.
4. Masukkan air sedikit demi sedikit.
5. Atur tata letak batu, rumput, lumut.
6. Masukkan ikan.
7. Jadi dehhh... :-)

Jika malam bisa juga digunakan sebagai lampu tidur lho. Gampang kan???
Apabila mau nambah filter air lebih baik lagi karena kita tidak perlu menukar air secara berkala. Dan setelah jadi jangan lupa kasih makan ikan-ikannya yaa....
Selamat mencobaa ^_^

ps : rumput yang ditanam bisa tumbuh dan meluas lho,,nanti apabila pertumbuhannya sudah menyebar postingan ini akan saya update lagi ^_*

7 komentar:

  1. Sepertinya aquarium di rumah saya itu harusnya disebut Aquascape aja... mama semangat banget dekor soalnya..jadi tu aquarium rameee :D

    BalasHapus
  2. Wah.. Hasilnya bagus banget, mbak. DIY nya mungkin bisa dipraktekkan kapan-kapan. Mumpung belakang rumah ada laut, jadi bisa ngambil pasir, batu karang yang kecil-kecil, sama tumbuhan lautnya. Jadi semakin irit. ^^

    BalasHapus
  3. lucu, udah lama pengen punya aquarium/aquascape tp blm terwujud. anak2 pasti betah di rumah. terus merawatnya gimana mba? harus ganti air ya?

    BalasHapus
  4. keren banget... dr barang bekas bisa jd cantik begitu...

    BalasHapus
  5. Wah, aku baru tahu tentang aquascape ini, mba Izza. Biasanya hanya liat yang aquarium biasa, hehe. Kalo bikin sendiri lebih seru dan puas hasilnya ya.

    BalasHapus
  6. aquascape bagus ka.. kecil tapi menarik. jadi bis utk hiasan d kamar kost :)

    BalasHapus