29 Jul 2015

DIY : Aquascape Mini untuk Si Kecil

Apa itu aquascape?
Aquascape sebenarnya hampir sama dengan aquarium. Hanya saja jika aquarium lebih fokus kepada ikan-ikan sedangkan aquascape lebih fokus kepada ekosistemnya. Pastinya kita sering melihat aquarium dengan ikan-ikan yang mahal namun dekorasi yang digunakan biasanya seadanya saja. Sedangkan aquascape lebih menekankan pada seni menghias ekosistemnya, dan ikan yang digunakan biasanya ikan kecil-kecil dan bisa dikatakan sebagai pelengkap saja.
contoh aquascape.
Sudah pahamkan apa itu aquscape.? Ternyata aquascape bisa dibikin dari barang-barang bekas lho. Seperti waktu lalu suami saya yang kebetulan lagi hobi-hobinya bikin aquascape bermaksud ingin membuatkan aquscape berukuran mini buat anak kami dari bekas penampungan air dispenser. Bagaimana caranya ??

23 Jul 2015

Resolusi Keuangan Saat Lebaran

Lebaran tahun ini merupakan lebaran yang agak spesial bagi saya dalam hal keuangan. Alhamdulillah selain THR, tahun ini pencairan gaji ke 13 serta kenaikan gaji  juga bertepatan dengan hari-hari menjelang lebaran. Tentunya ini waktu yang sangat pas karena  moment lebaran selalu membutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit. 

Namun ketika rezeki datang berlebih ternyata saya sering khilaf kalau membelanjakan uang. Tiba-tiba saja sering muncul keinginan mau makan ini, mau makan itu, beli ini beli itu yang padahal awalnya bisa ditahan. Kalau sudah begitu biasanya saya baru sadar ketika merogoh saku uang sudah mulai menipis, sedangkan belum ada satupun barang yang benar-benar penting yang telah dibeli. 

Apalagi saat lebaran ini godaan itu tentunya lebih besar dari yang biasanya. Baju baru, mukena baru, baju bayi yang lucu-lucu dan barang lainnya, bisa-bisa bikin kantong robek jika kita tidak bijak membelinya. Ditambah lagi dengan adanya banjir diskon dimana-mana. Alhasil pasca lebaran malah miskin dadakan karena pengeluaran yang tidak terkontrol.


Dengan status saya yang saat ini  sudah berkeluarga hal tersebut tentunya tidak boleh terjadi lagi. Semaksimal mungkin saya harus berusaha agar bisa mengatur keuangan rumah tangga dengan meminimalkan pengeluaran. Oleh karena itu menurut saya penting sekali rasanya untuk memiliki sebuah resolusi keuangan saat lebaran. Hal ini berguna sekali untuk menjaga keuangan tetap stabil terutama pasca lebaran nanti. Tentunya ditambah dengan keinginan yang kuat serta disiplin diri agar resolusi tersebut bisa tercapai. Resolusi lebaran yang ingin saya wujudkan diantaranya :

1. Membuat daftar perencanaan pengeluaran.
Dengan adanya perencanaan kita bisa mengetahui untuk apa-apa saja anggaran yang telah kita tetapkan. Daftar ini bisa mulai dari belanja pakaian, makanan saat lebaran termasuk kue-kue, sampai angpau dan zakat yang harus dibayarkan. Dari sana kita bisa lagi memilah lagi mana kebutuhan yang harus dipenuhi dan apa yang bisa ditunda pemenuhannya. Meskipun lebaran indentik dengan serba baru tidak semua hal harus baru bukan??

2. Menyisihkan dana untuk kebutuhan tidak terduga.
Setelah kita memiliki daftar pengeluaran jangan lupa kita siapkan juga dana untuk kebutuhan yang tidak terduga. Kebutuhan yang tidak terduga merupakan kebutuhan yang mendesak dan harus dipenuhi saat itu juga tidak bisa tidak. Besarannya bisa kita kisarkan saja, karena jika tidak digunakan dana ini bisa masuk dalam tabungan.

3. Menabung  
Bagi anak-anak yang dapat angpaw dari sanak keluarga uang tersebut tentunya bisa kita kelola sebagian untuk tabungan mereka. Bagi saya pribadi apabila uang itu disimpan sendiri sering tidak sengaja saya gunakan. Oleh karena itu beberapa waktu lalu saya berniat untuk membuatkan tabungan untuk anak saya. Hanya saja saya agak repot mencari info tentang bank yang tepat dan sesuai dengan kriteria yang saya inginkan. Sampai akhirnya saya bertemu dengan cermati.com yang memberikan informasi yang sangat lengkap sehingga memudahkan saya dalam menentukan bank yang cocok untuk anak saya. 

Sesuai dengan visinya menjadikan informasi finansial lebih mudah diakses dan lebih berguna bagi setiap orang dengan menggunakan platform teknologi, cermati.com juga dilengkapi dengan filter yang mempermudah kita dalam mencari produk yang sesuai dengan keinginan. Seperti saya misalnya yang ingin mencari produk tabungan untuk anak saya, saya cukup mengklik icon Tabungan Anak dan kemudian akan muncul nama-nama bank yang menawarkan tabungan untuk anak-anak. Keterangannya juga dilengkapi dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh bank tersebut serta simulasi kecil untuk mengetahui berapa total tabungan kita setahun jika kita masukan saldo rata-rata, tentunya setelah dikalkulasikan dengan bunga yang dimiliki oleh masing-masing bank. Sangat menarik bukan??


Disamping itu cermati juga mengajak kita untuk lebih cermat mengambil keputusan finansial lewat artikel  seputar tips-tips keuangan yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Nah buat kamu yang mau belajar mengelola keuangan lebih baik nggak ada salahnya belajar sama cermati, hitung-hitung mau mengembalikan kondisi keuangan yang udah terlanjur merana setelah lebaran, cermati juga ada tipsnya lho. 

Dengan adanya cermati saya sangat terbantu dalam mewujudkan resolusi keuangan lebaran. Disamping itu saya juga dapat ilmu untuk membuat keputusan finansial yang paling tepat dan cermat. Semoga kita tetap bisa cermat dalam mengelola keuangan bukan hanya disaat lebaran saja tetapi juga untuk hari-hari lainnya.


 


18 Jul 2015

Lebaran Bersama Afrakids


Pertama tahu afrakids itu dari saudara sepupu yang kebetulan nawarin lewat bbm. Tapi jujur awal-awal sih sama sekali nggak minat, mikirnya itu cuma kaus sablon anak-anak biasa, itu tu yang biasa banyak dijual dengan tulisan "aku sayang mama papa" dan sebagainya. Eh nggak tahunya ckckck masya Allah...
Nah ceritanya kan udah ditawarin tapi nyari-nyari alasan buat nolak. Trus pas akhir-akhir mau lebaran dia nawarin lagi, antara nggak enak nolak sama penasaran sama bajunya maka saya beli aja. Lagian dia udah kurangin harganya dari yang kemaren-kemaren. Nggak apa-apa lah beli satu pikir saya. Saya dikrimin desain-desain nya, setelah lihat-lihat saya malah suka dua desain..yahh akhirnya malah beli dua.. ckckc,,
Udah mau H-2 bajunya masih aja belum sampai. Tau-tau sepupu saya nganterin besoknya, alhamdulillah saya kaget banget sama bajunya. Kenapa kaget? karena ternyata bajunya baguuuusss banget. Kainnya tebal dan berkualitas. Jauh sekali sama dugaan saya yang sebelumnya menyangka sama dengan desain baju anak biasa.
Kenapa saya bilang baju ini bagus banget :
1. Afrakids nggak sekedar jualan baju, tapi juga menanamkan nilai-nilai islami disetiap produknya. Contohnya saja baju yang saya pesan kemaren dengan desain "Love & Follow Rasulullah". Dibaju itu ternyata juga diselipin juga selembat kertas yang berisi bacaan tentang Rasulullah. 

2. Label di bajunya ada kata-kara mutiara yang disajikan dengan gambar menarik.

3. Kaosnya tebal dan menyerap keringat.
4. Desainnya nggak pasaran.
5. Harga terjangkau.
Diantara semua hal tentang afrakids yang paling saya suka ya itu tadi adanya nilai-nilai islami yang ditanamkan bukan hanya melalui desain saja tapi bacaan-bacaan yang melengkapi produknya sarat sekali dengan ilmu. Sukaa banget lah pokoknya, pas banget dengan slogan nya care & share.
Komunitas Afrakids
Ohya sekarang afrakida juga ada komunitasnya lho. Dikomunitas ini kita bisa berbagi mengenai parenting islami, pengelolaan keuangan keluarga, bisnis keluarga, psikologi anak, kesehatan keluarga, kepemimpinan, fashion dll. Dikomunitas ini juga akan diajak para ahli dibidangnya untuk berbagi ilmunya melalui website www.abiummi.com, video, social media, ebook, artikel, seminar, training, buku, dan webinar. Insya Allah akan banyak yang bisa kita dapatkan dengan mengikuti komunitas ini.
Caranya : Nama lengkap#email aktif#No hp#alamat
kirim ke 085781588371
nanti kita bisa langsung dapat ebook gratis lho.. 

14 Jul 2015

Berpuasa disaat Menyusui


Puasa tahun ini sangat berbeda bagi saya karena disamping harus berpuasa saya juga menyusui baby "G" yang masih berusia 9 bulan. Sebenarnya ada dispensasi bagi ibu menyusui untuk tidak berpuasa namun karena awal puasa kemaren tidak ada masalah bagi saya dan juga si baby maka saya tekadkan saja untuk berpuasa seterusnya.

Bagi sebagian ibu yang menyusui, berpuasa bisa saja mempengaruhi kuantitas asi. Bayi jadi rewel atau pencernaannya terganggu. Seperti teman saya waktu itu bercerita bahwasanya anaknya yg masih berumur 14 bulan jadi rewel, katanya sih karena pengaruh dia berpuasa yang akhirnya  dia memutuskan untuk tidak berpuasa saja.

Alhamdulillah itu tidak terjadi pada saya maupun "G". Seperti yang pernah dibilang sama konsultan asi bahwasanya kunci sukses menyusui adalah yakin bahwa asi kita cukup. Hal itu juga yang saya coba tetapkan hati. Walaupun tidak mudah beruntungnya "G" bisa diajak kerjasama, dengan tetap mau disusui walau asi nya kadang seret sehingga memancing hormon oksitosin untuk melancarkan asi.

Menurut saya memutuskan istiqomah untuk say no to sufor memang perlu perjuangan dan tekad yang bulat. Berbagai macam alasan yang menyebabkan ibu-ibu untuk berhenti memberi asi hanyalah rasa kurang yakin dan kurang percaya saja akan kemampuannya memberi asi.
Bagi ibu yang menyusui sekedar tips sederhana saja dari saya agar bisa tetap menyusui walau dalam keadaan berpuasa :
1.  Pastikan asupan cairan tubuh terpenuhi. Kalau bisa lebih dari yang biasa. Tapi jangan diborong sekaligus yak...
2. Makan sahur dipenghujung waktu.
3. Ngemil yang sehat sehabis tarawih. Biasanya sih saya makan kolak dan sejenisnya .
4. Dan yang paling penting dari semua itu adalah percaya bahwa asi kita pasti cukup untuk si bayi.

Namun apabila kondisi tubuh ibu menyusui kurang fit sebaiknya jangan berpuasa karena saat sakit biasanya tubuh perlu energi lebih dari yang biasanya. Nanti jadinya malah tekor energi ...
Sekian saja ya semoga bermanfaat...

13 Jul 2015

Mainan Apple Al-Qur'an

Tak terasa my Baby "G" udah hampir 10 bulan. Waktu paling lasak-lasanya karena sudah mulai lancar merangkak kemana-mana. Kalau ditatah-tatahin udah mau langsung lari saja. Perhatian dan pengawasan pun semakin di tingkatkan. Antengnya cuma kalau ada yang bisa dimainin itupun nggak lama karena Baby "G" tipe yang cepat bosan dengan mainan.
Baby "G" bisa anteng lumayan lama hanya kalau lagi lihatin video lagu anak-anak haddad alwi atau video anak lainnya. Tapi radiasi smartphone katanya tidak baik untuk anak-anak seumur "G". Hal itulah yang membuat saya tertarik membeli mainan Apple Al-Qur'an yang di promosikan seorang teman di dinding facebook.
Mainan ini sebenarnya bagus untuk membiasakan anak-anak mendengarkan ayat-ayat Al-Qur'an. Disamping itu juga dilengkapi juga dengan nasyid anak-anak, bacaan sholat, doa sehari-hari dan juga bisa jadi lampu tidur. Bentuknya yang unik berhasil membuat "G" tertarik untuk pertama kalinya.
Tetapi itupun tidak berlangsung lama karena sepertinya "G" lebih suka ada visual nya ketimbang cuma mendengarkan saja. Suara mainan ini pun menurut saya kurang bersih. Apalagi pas bacaan sholat dan doa sehari-harinya, sangat kurang jelas.  Membuat saya agak kecewa sebenarnya dengan mainan ini hehe. Beruntung masih ada lampu tidurnya yang menghiasi langit-langit kamar dengan bintang-bintang. Jadinya sesekali masih bisa menarik perhatian "G" kalau lagi nggak bisa diam.
Menurut saya mainan ini lebih pantas untuk anak-anak diatas 3 tahun. Kalau sama "G" mainan ini kemungkinan lebih banyak dipukul, didorong-dorong kayak mobilan atau paling parahnya diemut . Tapi meski demikian saya masih sering menghidupkannya hanya untuk membiasakan "G" dengan bacaan ayat-ayat Al-Qur'an tanpa memberikannya ketangan "G". 

10 Jul 2015

Pareidolia diatas Sajadah

Beberapa hari yang lalu  pemberitaan mengenai sajadah bergambar binatang dan bergambar hal yang berkaitan dengan komunitas illuminati menghiasi dinding facebook saya. Dalam pemberitaan tersebut disebutkan banyaknya sajadah yang memikiki corak yang aneh seperti sengaja mempengaruhi alam bawah sadar kita, dan parahnya tanpa kita sadari ternyata sajadah tersebut banyak dipakai dimushala atau di mesjid-mesjid.


 Saya mencoba mengingat-ingat kembali bahwasanya dulu saya juga pernah shalat dengan sajadah yang memiliki corak mirip suatu bentuk tertentu. Dimana dan bagaimana persis coraknya saya lupa, namun hal itu saya yakini pernah terjadi beberapa kali. Jujur sih shalat dengan sajadah bercorak agak mengurangi kekhusyukan, meskipun hanya gambar bunga atau dedaunan tanpa kita sadari pikiran kita bisa saja tertuju pada gambar tersebut "ini bunga apa?", "wah daunnya kok cuma dua"? :)

Menanggapi sajadah yang katanya  sengaja dibikin oleh kaki tangan komunitas illuminati menurut saya ada dua kemungkinan. Pertama, bisa saja itu memang demikian adanya karena katanya komunitas ini suka mempengaruhi pikiran manusia dengan cara yang tanpa kita sadari. Kedua, bisa jadi juga hal tersebut merupakan fenomena Pareidolia.

Apa itu Pareidolia?

Menurut wikipedia Pareidolia (pengucapan bahasa Inggris: [pærɪˈdoʊliə] pa-ri-doe-lee-ə) ) adalah sebuah fenomena psikologis yang melibatkan stimulus samar-samar dan acak (seringkali sebuah gambar atau suara) yang dianggap penting. Contoh umum termasuk melihat gambar binatang atau wajah-wajah di awan, pria di bulan atau kelinci Bulan, dan pendengaran pesan tersembunyi di rekaman yang dimainkan secara terbalik.

Sederhananya Pareidolia adalah suatu fenomena psikologis dimana otak mempersepsikan apa yang sedang kita saksikan dengan apa yang pernah kita lihat / alami sebelumnya. Contohnya kita melihat bekas iler di bantal seperti gambar pulau sumatera. Kita melihat awan seperti kelinci. Kita melihat dinding yang basah membentuk pola seperti wajah manusia. Dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Saya pribadi sering sekali mengalami Pareidolia ini, melihat suatu benda seolah-olah membentuk suatu bentuk benda yang lainnya. Kembali ke sajadah tadi, setelah saya perhatikan ternyata setiap sajadah yang becorak bisa saja coraknya dijadikan bentuk sesuatu tergantung bagaimana imajinasi kita. Pertanyaanya apakah setiap sajadah yang bercorak merupakan buatan kaum illuminati tersebut? Wallahualam.

Nah menurut saya solusinya  memang lebih aman jika sholat dengan sajadah yang polos saja agar lebih khusyuk dan terjaga dari imajinasi-imajinasi yang timbul  dari apa yang kita lihat.

9 Jul 2015

Komunitas Tadabbur Al-Quran (Kontaq)


Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan komunitas ODOJ (One Day One Juz) yang beberapa waktu lalu sempat booming dan berhasil memotivasi semua kalangan untuk lebih akrab dengan Al-Quran. 

Nah selain ODOJ ternyata ada lagi komunitas yang mengajak kita semakin senang mempelajari Al-Quran namanya Kontaq (Komunitas Tadabbur Al-Quran). Kalau ODOJ kita dilatih untuk membiasakan membaca Al-Quran setiap hari, kalau di kontaq lebih kepada pemahaman dari isi Al-Quran tersebut. 

Di Kontaq setiap hari akan diberikan materi berupa ayat-ayat satu halaman perhari  yang berisikan arti dari ayat tersebut sekaligus penjelasannya. Disamping itu juga dilengkapi dengan asbabun nuzul, sebab-sebab turunnya ayat tersebut. Sama dengan ODOJ komunitas Kontaq juga menggunakan fasilitas instan massage Whatsapp. Setiap anggota akan dikelompokkan dalam grup-grup yang dikoordinir oleh seorang admin. 

Asyiknya setiap materi nanti akan ada quiz yang diberikan Tidak wajib dikerjakan sih hanya saja menurut saya quiz tersebut bagus sekali untuk melatih ingatan kita tentang setiap materi yang dikerjakan. Apabila ada bagian materi yang tidak kita pahami, kita pun bisa mengajukan pertanyaan melalui admin yang nantinya akan terus disampaikan pada koordinator adminnya. Selain itu kita juga bisa mengirimkan tadabbur kita sendiri terhadap materi yang telah kita baca. Bagaimana pemahaman dan apa yang kita rasakan setelah membaca ayat tersebut?

Setiap minggu nya di Kontaq juga ada evaluasi. Tepatnya setiap hari jumat akan diberikan evaluasi yang nantinya harus dijawab sampai batas akhir di hari minggu. Nah bagi siapa yang lebih cepat mengerjakan dan benar akan dapat bingkisan. 

Menurut saya bergabung dengan Kontaq sangat menyenangkan, karena materi yang tidak terlalu banyak perharinya membuat kita belajar benar-benar tenang dan lapor kholasnya pun hanya ketika kita sudah selesai membaca saja dan tentunya  paham dengan materi yang disampaikan. Nggak ribet kan?? Satu hal lagi tentunya kita bisa berkenalan dengan saudara-saudara seiman lainnya yang akan saling memotivasi dalam kebaikan.
Yang mau gabung yuk, gratis kok
FORMULIR PENDAFTARAN
disini
 Atau    disini
=======================
Allahummarhamna bil Qur'an 